Object Oriented Programming ( OOP ) merupakan konsep pemrograman objek yang memiliki atribut dan fungsi yang digunakan untuk melakukan manipulasi terhadap atribut tersebut. Dalam OOP, obyek dibagi-bagi menjadi obyek-obyek yang lebih kecil lagi. Kemampuan untuk mengkombinasikan obyek-obyek ini merupakan aspek terumum dalam OOP. OOP menyediakan beberapa konsep dan fitur untuk membuat dan menggunakan obyek lebih mudah dan lebih fleksibel.
Dalam pengertiannya, obyek merupakan sesuatu benda, baik yang nyata maupun yang tidak (sesuatu yang kita bayangkan). Sebuah obyek memiliki atribut dan perilaku. Atribut menyatakan kondisi yang ada/melekat pada obyek, sedangkan perilaku menyatakan sekumpulan aksi yang dapat dilakukan oleh obyek. Sebagai contoh, sebuah mobil memiliki atribut berupa : roda, kecepatan, klakson dsb. Sedangkan perilakunya meliputi berbelok, mengerem, mundur dll. Sama seperti dalam kehidupan nyata, dalam OOP setiap obyek dimodelkan ke dalam sebuah program. Dalam OOP, atribut derelasikan sebagai variable serta perilaku sebagai fungsi (method).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar