Kamis, 02 Agustus 2012

Memulai Belajar Pemrogaman Java

Sebelum kita memulai untuk membuat program-program Java, pertama kita harus mendownload kode yang bernamakan JDK = Java Development Kit. JDK berfungsi untuk saling mengenalkan antara komputer dengan pemrograman Java, tanpanya source kode java tidak akan dimengerti oleh komputer. Untuk mendownloadnya, klik di tautan ini lalu pilih sesuai platform sistem operasi yang digunakan. jdk x86 untuk sistem yang 32 bit sedang x64 untuk 64 bit.Oia, jangan lupa untuk mengklik "Accept License Agreement" sebelum mendownload, itu untuk tanda kalau kita menyetujui lisensi Java.
 dengan komputer Anda dengan cara:
- Masuk ke folder hasil installer JDK, biasanya di C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_32\ lalu buka folder bin  didalamnya dan copykan sampai alamat directory bin tersebut. (Yang saya copy C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_32\bin )
 

- Klik kanan di My Computer pilih Properties
- Pilih tab Advanced lalu klik Environment Variables yang terletak di paling bawah.
- Pada user variables..  (kolom paling atas), klik New lalu isikan: 
  • Variables name = "Path" (tanpa tanda petik)
  • Variables Value = C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_32\bin (alamat directory bin JDK)
- Kalau sudah diisi keduanya, klik ok ok saja
.
- Sekarang komputer / Laptop kita sudah siap untuk dipakai koding Java. Untuk mengetest nya, silakan buka CMD lalu ketikan  perintah javac. Kalau benar nyeting Path-nya, maka akan muncul tulisan seperti berikut:
Ok, sampai di sini cara install dan setting JDK  

Kemudian untuk membuat program java sederhana anda harus:
  1. Membuat source code program dengan editor teks apapun. Ingat, file tersebut harus berekstensi .java dan case sensitive.
  2. Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya: javac HelloWorld.java. Jika berhasil, hasilnya adalah file bytecode berakhiran .class.
  3. Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh: java HelloWorld.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar